Tips Memilih Sistem Komentar untuk WordPress

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Mencari sistem komentar untuk wordpress yang baik?

Guys, ada banyak commenting platform atau sistem komentar untuk wordpress yang bertebaran diluar sana, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Memilih platform komentar untuk blog wordpress kamu memang gampang-gampang susah. Sebagian besar pasti setuju bahwa kolom komentar berguna untuk meningkatkan user engagement pada blog, yang dapat membuat user betah berlama-lama bahkan kembali lagi untuk mengecek bagaimana komentarnya mendapat tanggapan.

Saya coba berbagi tips memilih platform komentar untuk blog yang baik sambil menguraikan masing-masing jenis platform komentar yang banyak digunakan saat ini.

1. Default wordpress comment

Jika anda termasuk pemilik blog yang konservatif, menginginkan kesederhanaan dan tidak terlalu mementingkan publikasi sosial media. Sistem komentar bawaan wordpress cukup digunakan, seringkali dengan template premium, tampilan komentar juga dibuat menjadi menarik. Kelemahannya rentan terhadap spam, tapi banyak plugin anti spam yang bisa digunakan. Salah satu yang terbaik adalah akismet, berbayar tetapi murah dan cukup akurat.

2. Facebook comment

Pemasangan sistem komentar dari facebook terhitung mudah dan plugin banyak sekali macamnya. Kelebihannya? komentar user ter-posting juga di wall-facebooknya, secara tidak langsung membantu men-share artikel anda ke facebook. Anti spam, kecuali user facebook itu memang palsu alias bohongan. Kelemahannya? ada plugin yang komentarnya tidak bisa dimoderasi.

Plugin rekomendasi saya: Facebook comment by Fat Panda. Anda mungkin perlu membuat aplikasi facebook dahulu, tetapi komentar yang masuk bisa di-moderasi. Komentar facebook yang ada juga masuk kedalam komentar wordpress, jadi jika sewaktu-waktu anda ingin berganti platform. Komentar yang ada bisa di import ke platform yang baru.

3. Disqus

Merupakan sistem komentar yang saya gunakan pada saat artikel ini dibuat. Kita terlebih dahulu diharuskan login (bisa via facebook, twitter, account disqus sendiri, google plus, atau sekedar guest) baru bisa mengirim komentar. Kelebihannya lebih pada ke solid-an sistem manajemen komentarnya. Detail komentar  baik, terintegrasi dengan komentar wordpress (bisa impor ekspor). Kita bahkan bisa mendapat uang darinya. Disqus

4. Intense Debate

Sistem komentar yang cukup mumpuni juga, kelebihannya? intensedebate ini dibuat oleh orang-orang yang juga membuat wordpress dan akismet. So, bisa dikira-kira jika fitur yang ada juga cukup solid dan mumpuni. Intensedebate

5. Livefyre

Untuk sistem yang satu ini, sepertinya lebih menitik beratkan kepada fitur socialsharing-nya. Jika kita login menggunakan akun twitter, kita cukup me-mention teman kita di twitter dan komentar kita otomatis juga berfungsi sebagai tweet yang me-mention teman kita. Memberi kesempatan traffic lebih besar.

Akan tetapi, fitur realtime commentnya juga bisa berarti kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya? komentar yang a bisa terlihat seperti chatting. Kelemahannya? sulit untuk dimoderasi, apalagi jika spammer sedang beraksi? Livefyre

Teman-teman tahu sistem komentar wordpress lainnya? Silahkan sharing disini. Atau ada yang mau ditambahkan? Komentar saja dibawah sini. Supaya kita semua bisa!

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest