Memulai Web Hosting di AWS (Amazon Web Services)

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

AWS (Amazon Web Services) belakangan ini semakin santer terdengar suaranya, karena semakin banyak pula yang menggunakan teknologi cloud hosting. Jika kamu memutuskan bahwa sudah saatnya website kamu benar-benar menggunakan infrastruktur cloud, maka AWS adalah pilihan yang sangat lengkap! Hampir semua jenis layanan ada di AWS, cloud, storage, database, file hosting, tinggal sebut! dan tinggal bayar per jam! Yep  billingnya dihitung per-jam.

Ok,  sesuai dengan judul artikel saya coba jabarkan cara memulai webhosting di AWS. Sekedar informasi, sewaktu saya menulis ini, saya masih bisa mendapatkan free 1 tahun untuk paket micro (512mb memory dan 28gb storage). So, jika kamu pelanggan Amazon – pernah belanja di amazon.com, tinggal daftar pake account yang sama. Dan waktu daftar juga perlu memasukkan nomor  kartu kredit yang valid.

Langkah 1:  Launch instance

Mari asumsikan akun anda sukses terdaftar di AWS, langkah pertama memulai webhosting di Amazon web services adalah dengan membuat instance.

Pilih amazon service  ->  EC2. Anggaplah instance  AWS ini  sebagai sebuah VPS/ Server  virtual kamu. Panduannya cukup mudah, tinggal pilih image apa yang mau digunakan. Apakah  ubuntu, redhat, suse, windows, Amazon juga punya versi linux sendiri namanya AMI (apapun pilihannya, ingat pilih yang masuk kategori ‘free tier‘ jika ingin tetap gratis).

Catat dan simpan file/password ketika proses wizard menganjurkannya. Kategori ‘free tier’ juga membatasi lokasi server virtual kamu.

Setelah sukses launch instance, ‘EC2 Dashboard’ kamu menunjukkan informasi instance. IP address, DNS name dan image yang digunakan.

Langkah 2: Koneksi ke Instance lewat SSH / Putty (windows)

Sewaktu membuat instance, proses wizard men-generate private key (.pem) yang kemudian kita simpan. Gunakkan PUTTYgen untuk merubahnya menjadi file .ppk. File .ppk tersebut baru bisa digunakan untuk login ke instance kita.  User default AWS adalah ec2-user. Langkah lengkapnya ada disini: http://docs.aws.amazon.com/AWSEC2/latest/UserGuide/putty.html

Langkah 3: Install LAMP server

Di langkah ini berarti kamu sudah berhasil login ke Virtual  Server kamu di AWS, yeay! Sekarang kita perlu menginstall web server supaya, web kamu bisa diakses via browser. Jangan takut  jika kamu baru berurusan dengan shell/unix command, tutorial ini sangat berguna meningkatkan pemahaman kamu dalam waktu cepat!

Link lengkap instruksinya ada disini: http://docs.aws.amazon.com/AWSEC2/latest/UserGuide/install-LAMP.html

Intinya: menginstall webserver, memberikan permission kepada folder website, menginstall mysql server, menginstall phpmyadmin (web based GUI database mysql), melakukan pengamanan dasar.

Diakhir langkah  ini, harusnya kamu sudah bisa mengakses phpmyadmin, dan halaman awal website kamu. Langkah 4, boleh dilihat juga jika kamu ingin menginstall wordpress di server AWS kamu.

Langkah 4: menginstall wordpress di server AWS

Link lengkap: http://docs.aws.amazon.com/AWSEC2/latest/UserGuide/hosting-wordpress.html

Saya pribadi menganjurkan menggunakan WSFTP dan Sublime text editor untuk mengedit file wp-config.php. Phpmyadmin untuk membuat database-nya. Namun layak diikuti juga langkah membuat database wordpress di link  diatas.

—————————–

Dari sisi resource server, AWS menawarkan dedicated server yang murah,total management dan sangat scalable.
So,  menurut kamu,  lebih pilih mana: web hosting konvensional dengan cpanel/whm, atau web hosting semacam AWS ini? 

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest
  • amazon web hosting ini bagus ga untuk buat web jualan online? saya mau jualan kolagit soalnya

  • Thanks gan atas ilmunya…
    Kaos Distro Muslim

  • kalau tidak punya keredit ka gimana bang , cepat pula ini load pake ws ya .. add aku di fb bang https://www.facebook.com/Yandira.bali
    pingin tau lebih banyak menggunakan hosting AWS ini ..
    makasi tipsnya ya bang terimakasih

  • Fariza Abdurrazaq

    pengalaman kemarin credit card aku input pake nomer di balik kartu debet BNI eh ternyata bisa, pujya control panel AWS hehe cuman masih bingung mo diapain fungsinya…

    • langsung praktek EC2 aja om, install LAMP

      • Fariza Abdurrazaq

        orangorangan ya siip sik tak sinaune pelan2 soalnya banyak belum ngeh fungsi akhir dari service di web amazon ini thanks u

      • Fariza Abdurrazaq

        orangorangan thanks infonya LAMP hehe

  • wad mash Bindung ni mangerai AWS…
    server AWS smh ready, trus kl may akses atau update content websitenya gmn…
    moon pencerahannya Om.

  • aduh masih bingung ini om, kl menggunakan AWS dan codeigniter, lalu untuk update content artikelnya gmn…..? apa ada tampilan cpanel seperti dashboar wordpress (mudah untuk update artikel)
    mohon pencerahannya om.

    • coba install ISPconfig om. itu cPanel versi gratis