Membuat wordpress custom page template sederhana sendiri

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Ingin membuat page khusus di wordpress tanpa sidebar sehingga tampilan menjadi lebar? atau malah tanpa menu? custom page template wordpress adalah solusinya, dan berikut adalah cara membuat page template wordpress sederhana.

Caranya membuat page template wordpress adalah dengan membuat satu file .php dan harus diletakkan dalam folder theme wordpress kamu.

Sebelumnya, saya mau jawab pertanyaan umum yang memicu kebutuhan untuk membuat custom page template ini. Dimana sih sebenarnya worpress mengatur tampilan untuk page? atau apa file yang mengatur tampilan worpress page?

Jika didalam folder theme wordpress kamu ada yang namanya page.php, yak itulah pelakunya ๐Ÿ™‚

Tapi kalau kamu rubah page.php, akan merubah juga semua tampilan default page wordpress kamu. Nah gimana caranya supaya hanya page halaman tertentu dari wordpress kamu saja yang berubah?

Ada cara otomatis atau cara manual, penggunaannya sangat tergantung kebutuhan masing-masing akan keperluan custom page template.(Otomatis artinya, worpress akan langsung menggunakan file tersebut sebagai template. Manual artinya, kamu harus meng ‘assign’ template pada halaman yang inginkan)

1. Cara otomatis adalah, dengan melakukan penamaan file .php sesuai dengan id dari page, atau slug dari page. formatnya adalah:

page-id
page-slug

misalnya: halaman yang akan menggunakan custom page template ini adalah halaman ‘portfolio’ dimana id-nya = ’15’ dan slug-nya =’portfolio’. Maka nama file-nya harusnya: ‘page-15.php‘ atau ‘page-portfolio.php‘.

2. Cara manual? yah penamaannya bebas, tapi usahakan pakai prefix tertentu supaya kamu bisa bedain yang mana file template mana yang bukan. Kalau kamu punya 10 template dengan masing-masing nama file punya prefix, pasti lebih enak lihatnya di ‘file manager’ ๐Ÿ™‚

Sudah tahu kira-kira mau pakai cara yang mana?

Nah sekarang diapain file .php nya?

< ? php /* Template Name: Template Portfolio ? >

Dengan menuliskan kode php tersebut, wordpress otomatis membaca file tersebut adalah sebuah page template. Gak percaya? buat yang pilih cara otomatis bisa langsung refresh halaman kamu. Dan buat yang pilih cara manual, kamu assign dulu templatenya ke halaman kamu, save dan refresh halamannya sekarang.

Kalau halaman kamu putih semua, berarti kamu sudah berhasil membuat custom wordpress page template! selamat, selamat *tiup terompet……..hehe

Trus diapain lagi? ya terserah deh. Untuk coba-coba kamu kopi paste aja semua yang ada di page.php ke halaman page template yang baru kamu buat, lalu mulai pretelin tuh satu-satu fungsi yang ada. (Saya kemarin begini belajar bikin custom page template-nya hihihi).

mau hilangin sidebar? cari fungsi ini, trus di comment ‘//’ atau dihapus

get_sidebar()

Pasti sudah gak sabar mau coba hilangin yang lain ๐Ÿ™‚

Semoga informasi membuat page template wordpress custom ini bermanfaat, makasih yang udah baca.

Yang mau tau lebih detil silahkan kesini aja: http://codex.wordpress.org/Pages#Creating_Your_Own_Page_Templates

Yang mau share juga silahkan, berbagi itu kan sama saja memberi ๐Ÿ™‚

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest
  • Kaya’nya kurang satu langkah lagi mas, edit CSS. Soalnya kebanyakan theme, antara blok artikel dengan sidebar widthnya sudah didefinisikan. Kalau sidebarnya dihilangin, akan muncul ruang kosong di sebelah kanan. Gak kelihatan lebar dong ๐Ÿ™‚

    • Nice input! makasih gan, keep it coming ๐Ÿ™‚

  • septyvomber vom

    ijin di tes om, o ya tukar link dunk ๐Ÿ™‚

  • Script Murah

    Dapatkan cara termudah membuat theme wordpress dengan menggunakan
    plugin HTML TO WORDPRESS CONVERTER. Anda dapat mengkonversi sendiri
    template HTML kesayangan anda menjadi Template WordPress tanpa perlu
    menguasai programing!

    Hanya Rp.50000
    http://scriptmurahsekali.wordpress.com/2013/12/28/html-to-wordpress-converter/