Membangun VPS Cloud Server Pribadi di Digital Ocean, Install Ubuntu, LEMP, WordPress – bagian 1

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Artikel ini akan saya bagi menjadi 5 bagian. Karena, dari instalasi VPS Cloud, hingga memilki website berbasis wordpress yang berfungsi, perlu dipisah menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dipahami.

1. Informasi dasar Digital Ocean, mengenal DO secara garis besar

2. Membuat Droplet/VPS dengan sistem operasi Ubuntu

3. Melakukan koneksi dengan Droplet lewat SSH/Putty

4. Instalasi LEMP, Linux-EngineX-Mysql-Php

5. Instalasi WordPress

 

1. Mengenal Digital Ocean secara garis besar

Teknologi cloud memungkinkan kita untuk memiliki infrastruktur website dengan harga terjangkau. Salah satu pemain Cloud yang terjangkau kocek namun tidak murahan adalah Digital Ocean (DO). Pada Hosting konvensional, harga sebuah VPS pribadi per tahun, bisa mencapai 6juta, itu berarti sekitar 500ribuan per bulan. Memiliki VPS pribadi di Digital Ocean cukup dengan $5 per bulan, atau sekitar 70 ribuan.

Kelebihan DO adalah, skema pembayarannya yang bulanan. Ini sangat menguntungkan bagi kita para pemula yang baru belajar ingin mengatur VPS sendiri, karena tidak perlu membayar biaya 1 tahun dimuka.

Jika kamu mau membuat VPS cloud untuk database atau aplikasi sebenarnya bisa juga di Digital Ocean, namun scope pembahasan saya akan berkisar pada VPS website ya.

Perbedaan memiliki server di Digital Ocean dengan memiliki VPS konvensional adalah, server berbasis cloud memiliki kemudahan merubah spesifikasi teknis, seperti memori, kapasitas penyimpanan, dan banyaknya prosesor yang dibutuhkan.

Kompleksitas server yang tumbuh seiring website yang berkembang juga dapat diantisipasi dengan penambahan-penambahan server, spesialisasi server dan pengaturan traffic network. Banyak artikel tutorial bagus yang dibuat oleh pihak DO sendiri, supportnya juga menurut saya sangat kooperatif dan to the point dalam membantu memberikan solusi.

Sebelum membaca lebih lanjut, untuk yang mencari solusi singkat memiliki website. Akan lebih mudah jika kamu mencari shared hosting dengan cPanel. Namun jika kamu merasa perlu belajar lebih jauh lagi dari sekedar klak-klik di cPanel boleh dilanjutin bacanya ya.

Ok, daftar dulu di Digital Ocean pake link ini . Iya link itu refferal, tapi kamu dapet free $10 kalo daftar pake link itu, gratis 2 bulan untuk sebuah VPS pribadi berbasis cloud, lumayan banget kan! Bisa koq kalau kamu mau daftar langsung juga 😉

Anyway, kalo udah selesai registrasi dan kamu sudah bisa membuat sebuah ‘Droplet’ (istilah untuk sebuah VPS di Digital Ocean). Silahkan kamu lanjut ke halaman berikut yang akan menjelaskan cara menginstall Droplet di Digital Ocean beserta tips dan triknya.

2. Membuat Droplet/VPS dengan sistem operasi Ubuntu (on progress)

 

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest