Bagaimana menggunakan custom font pada CSS dan WordPress

[flickr id=”5754202720″ thumbnail=”small” overlay=”true” size=”medium” group=”” align=”left”]
Untuk yang baru-baru menekuni kegiatan WordPress-ing atau membuat website dan menemukan bahwa membuat sebuah website itu menyenangkan dan mengasyikan, pasti sampai pada pertanyaan “Bagaimana menggunakan custom font pada website kita?”. Pasti seru nanti website kita jadinya!

Berikut saya share cara bagaimana menggunakan custom font pada CSS dan WordPress!

Sebuah website yang rapi hendaknya menggunakan CSS untuk mengatur styling dari websitenya, entah CSS itu embedded (jadi satu dengan file HTML ataupun terpisah sendiri dengan mempunyai nama file sendiri (mis : style.css).  CSS yang ada WordPress themedapat ditemukan dalam folder www.namadomain.com/wp-content/themes/namatheme/nama.css.

Di dalam CSS, font dideklarasikan dengan syntax :

body {font-family: Verdana, Arial, Helvetica,
Futura, sans-serif;
font-size: 1em;
padding:0;
margin:0; }

ini artinya CSS akan mencari dan menggunakan jenis font ini, lalu bagaimana jika kita ingin menggunakan custom font pada CSS? berikut adalah syntaxnya :

@font-face {
font-family: fontgw;
src: url('http://www.namadomain.com/fontsaya.ttf');
font-weight: normal;
}

Now this pretty self explanatory isn’t? Kita tinggal mengupload font yang kita inginkan dalam format ‘.ttf’ (true type font), deklarasikan dan buat sendiri font-family nya, dan deklarasikan kembali kedalam class mana yang ingin kita gunakan untuk memakai font tersebut seperti ini :

body {font-family: fontgw;
font-size: 1em;
padding:0;
margin:0; }

:Happy-Grin:

Tapi, font yang saya mau upload formatnya bukan .ttf bagaimana dong ???? langsung aja kemari yah http://onlinefontconverter.com/ gak pake macem2, yang penting font yang kamu pake free dan bebas dari masalah hak cipta. Itu diluar tanggung jawab saya yah hehe.

Saya yakin pasti langsung pada gatel penasaran kan? Selamat mencoba!  sumber : rangkuman dari sini http://codex.wordpress.org/Playing_With_Fonts