Bagaimana Memanggil Widget WordPress Tanpa Melalui Sidebar

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Hi teman-teman, kali ini saya mau share tips sederhana dengan widget wordpress, tentang cara menggunakan sebuah widget secara langsung tanpa bantuan sidebar.

Jika ada yang belum tahu bagaimana cara membuat widget bisa baca disini.

Sebuah widget wordpress biasanya dipanggil melalui sidebar (di drag and drop ke dalam sidebar). Tetapi bagaimana jika kita memerlukan widget tersebut didalam satu halaman saja? tentu kita bisa membuat sidebar baru di function.php dan memasangnya di halaman tersebut. Tetapi jika halaman itu hanya dipakai sesekali hal tersebut akan menjadi agak mubazir. Lalu bagaimana untuk keperluan memanggil widget yang insidental ini?

WordPress mempunyai fungsi yang baik untuk memanggil widget secara langsung, yaitu:

< ? php the_widget($nama_widget, $variable widget); ?>

Yep, cukup masukkan kode PHP tersebut di bagian yang diinginkan dan WordPress akan menampilkan widget secara langsung, tidak perlu mendeklarasikan sidebar, tidak ada sidebar yang mubazir 🙂

WordPress memiliki beberapa built in widget, kita coba panggil widget tersebut. Contoh: Kita mau menampilkan recent post dari blog, maka syntaxnya adalah:

//WP_Widget_Recent_Posts : built-in widget dari wordpress
//number = variable widget tersebut, defaultnya 10
the_widget( 'WP_Widget_Recent_Posts', 'number=8' );

Mudah? yep, wordpress memang friendly untuk newbie seperti kita.  Jika kamu merasa artikel ini berguna, boleh di-share supaya kita semua bisa 🙂 Terima kasih sudah membaca artikel saya.

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest