Bagaimana Cara Import WordPress XML Ukuran Besar

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Ketika blog wordpress sudah besar dan perlu pindah server, atau jika kita ingin menduplikasi blog wordpress untuk keperluan dummy site misalnya, maka Database perlu di duplikasi juga.

Untuk menduplikasi blog wordpress, cukup simple: tinggal copy file-file html dan import database mysql. (Baca: cara import SQL ukuran besar)

Tetapi, jika untuk mengimport hanya post/article saja, maka wordpress sudah menyediakan tool untuk export/import post antar wordpress. Masalah muncul ketika, file .xml hasil export ternyata cukup besar, sedangkan WordPress sendiri hanya mengijinkan import .xml sebesar 2MB.

Lalu bagaimana cara import nya jika file .xml diatas 2MB? file .XML di split! Yep, ada programmer yang baik hati yang menyediakan tool gratis untuk kita yang gundah gulana. Adalah WXR File Splitter nama software-nya.

Tinggal di-install, jalankan, dan dipilih mau dibagi jadi berapa itu file .xml hasil export. Walaupun WordPress menerima max. 2MB saya sarankan untuk men-split dibawah itu, karena tergantung kapasitas server hosting juga. Jika import gagal, coba 1-2 kali import file yang sama. Jika masih gagal juga, coba kurangi file-size .xml nya, naikan kapasitas memori dan php execution time limit.

Selamat mencoba, terima kasih sudah membaca artikel saya. Boleh di-share atau di-reblog supaya kita semua bisa 🙂

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest