Membuat auto post artikel wordpress ke Facebook dan Twitter tanpa plugin

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Bagaimana posting otomatis (autopost) artikel wordpress kita ke facebook dan twitter yah? jadi setiap kali publish artikel, otomatis juga posting di facebook dan twitter. Gak usah pake plugin juga ternyata bisa loh! yuk lanjut bacanya, saya kasih tahu ilmunya yang saya dapet dari temen-temen murah hati 🙂

Buat yang punya blog wordpress yang cukup besar, fitur autopost artikel ke social media seperti facebook dan twitter sungguh sangat berguna untuk meringankan pekerjaan. Contohnya saya, walaupun update blog belum tentu satu bulan sekali (hehehe) tetapi merasa sangat terbantukan dengan adanya fitur posting otomatis artikel wordpress ke social media seperti twitter dan facebook.

Jadi setiap saya mem-publish artikel wordpress, maka postingan artikel tersebut sebenarnya bisa diset untuk otomatis di-share ke facebook dan twitter dan bahkan ke-social media lainnya.

Berterimakasih-lah pada website : IFTTT.com. Berkatnya, kita bisa melakukan autopost / share postingan artikel blog wordpress ke facebook, google+, twitter dan social media lainnya tanpa plugin! (dan saya pribadi berterimakasih pada sobat-sobat disini :))

Langkah-langkahnya:

1. Register dan Login di website IFTTT.com 

2. Berdasarkan logika dasar website tersebut ‘IF This Then That’ (jika begini, maka begitu) maka sudah bisa diperkirakan apa yang akan kamu lakukan. Lalu apa yang akan kamu lakukan dalam hal ini?  Jika ‘publish artikel wordpress’ maka ‘autopost ke facebook dan twitter’. Seperti berlatih membuat algoritma rasanya.

3. Buat ‘resep’, istilah untuk tiap-tiap algoritma yang ingin kamu buat. Tinggal ikutin aja langkah-langkah yang ada di-website tersebut, sangat ‘to-the-point’ jadi mudah sekali dipahami. Boleh posting disini kalo ketemu pertanyaan di step ini 🙂

4. Testing langsung dengan membuat artikel baru di wordpress kamu, lalu cek twitter dan facebook kamu. Apakah autopost artikel, berhasil dilakukan? apakah facebook dan twitter sudah terupdate dengan artikel wordpress yang baru saja kamu buat? jika sudah, maka selamat! jika belum, di-edit aja lagi ‘resep’ nya.

Troubleshooting is fun! mudahnya berbagi update artikel ke social media.

Kritik dan saran tambahan dipersilahkan, yang sudah pernah mencoba mau sharing disini juga boleh 🙂

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest