5 Tips membuat website yang user friendly

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Website yang user oriented terbukti menghasilkan clicktrough rate yang lebih besar. Berikut ini adalah sedikit tips sederhana membuat website yang user friendly dan berorientasi user.

1. Menu website yang sederhana

Kesederhanaan itu nomor satu, yang penting adalah fungsionalitas. Menu navigasi yang sederhana namun jelas akan membuat user tidak merasa tersesat, dan membuat ia ingin menjelajah lebih jauh.

2. Design tampilan website responsive.

Per-hari ini artikel ini dibuat, pengguna gadget dan smartphone semakin global. Artinya, semakin banyak user yang melihat website dari gadget mobile mereka. Spesifikasi browser desktop tentunya berbeda dari PC, dan prinsip ‘responsive design’ kurang lebih artinya, satu template untuk semua browser. Jadi, membuat tampilan website anda responsive memastikan website anda ‘ramah gadget’.  Website kamu masih belum responsive? siap-siap aja kehilangan pengunjung mobile yang semakin besar pasarnya. Ini alasan mengapa menggunakan Bootstrap untuk membuat tampilan ‘responsive’.

3. Visual adalah nomor 1.

Manusia adalah makhluk visual, melihat website bukan mendengar website, so pastikan kamu memanjakan pengunjung website dengan visual yang baik. Design minimalis, foto dengan kualitas baik, cukup memanjakan mata saya.

4. Jangan membuat website yang berantakan.

Maksudnya ‘berantakan’ disini adalah, tempatkan semua bagian website pada tempatnya dan beri design yang jelas untuk masing-masing bagian.  Membayangkan tampilan dasar sebagai grid atau kotak-kotak kosong yang akan diisi, mungkin sebuah langkah awal membuat tampilan website yang rapi.

5. Ijinkan user memberikan feedback.

Mungkin tidak banyak yang akan pro-aktif memberikan masukkan atau memberi kripik pedas kepada kamu. Tapi dengan adanya ‘feedback form’ memberikan efek psikologis bahwa website kamu ‘mendengarkan’ pengunjung dan. Satu nilai tambah untuk website kamu atas interaksi manusia-komputer. It’s all in the brain 🙂

Ada lagi tips-tips membuat website yang user friendly? silahkan sharing, senang sekali bisa berdiskusi. Jika kamu mengganggap tips tadi berguna, boleh dibagikan ke yang lain, supaya kita semua bisa 🙂

Terima kasih sudah membaca artikel ini.

 

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest