Pesan Error: WordPress admin-ajax.php Internal Server Error 500

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Ada yang sudah pernah mengalami pesan error 500 diatas? Saya baru saja mengupdate WordPress ke versi baru. Dan beberapa keanehan di Dashboard WordPress saya mulai terjadi.

Keanehan terjadi ketika saya tidak bisa memasukkan image kedalam post. Kemudian saya melihat pesan errornya melalui browser. Ternyata admin-ajax.php yang mengeluarkan error 500. Saya coba cek error log dari cpanel / apache, tidak tercatat disana. Apakah mungkin proses upgrade yang kurang sempurna?

Jika di error log cpanel saja tidak ada pesan kesalahannya, lalu dimana saya harus mencari? WordPress memiliki fitur yang berguna disaat kita sedang mengembangkan website, yaitu WP DEBUG. Dengan men-set WP DEBUG menjadi TRUE, itu artinya semua pesan kesalahan akan ditampilkan oleh wordpress. Dan saya akhirnya menyalakan fitur WP DEBUG.

wordpress-admin-ajax-error-solution

 

 

 

Kemudian saya refresh halamannya, tidak ada pesan error apa-apa. Browser juga tidak lagi menampilkan pesan error, halaman kembali bekerja seperti semula. Sepertinya sudah normal, dan saya tidak lupa men-disable kembali WP DEBUG.

Hal-hal aneh seperti Internal Server Error 500 ini kadang terjadi, dan kadang solusinya juga sederhana saja. Ada yang bisa menjelaskan kenapa?

Internal Server Error 500 bisa disebabkan banyak hal, dari modul php5 yang belum diinstall, folder permission, sampai pada fungsi WP DEBUG seperti saya ini. Semoga solusi diatas dapat membantu teman-teman yang mengalami hal yang sama.

Sebarinn yukkShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest